--> Skip to main content

04 - Dasar PLC Omron CP2EN - CX Programmer - Rangkaian Tombol OR


Assalamualaikum Wr Wb

Teman-teman semua, kali ini kita akan belajar logika OR pada PLC. seperti yang kita ketahui bersama bahwa logika OR untuk 2 input dan 1 output adalah seperti yang ditunjukkan pada tabel kebenaran berikut ini.

Tabel Kebenaran Logika OR.

Input 1Input 2Output
LOWLOWLOW
LOWHIGHHIGH
HIGHLOWHIGH
HIGHHIGHHIGH

Mungkin bagi kalian anak Teknik sudah sangat familiar dengan logika pada tabel diatas.
nah.... bagaimana implementasinya pada pemograman PLC mari kita simak langkah-langkahnya sebagai berikut ini.

Langkah - Langkahnya :
  1. Bukalah aplikasi CX-Programer yang telah diinstall sebelumnya, (Cara Install CX-Programmer)
  2. Buatlah project baru dengan cara klik pada File ➔ New dan isi sesuai seperti di bawah ini, untuk Device Name isi dengan nama yang kita inginkan "tanpa spasi" . 


  3. tampilan akan terlihat seperti pada gambar berikut ini.


  4. buatlah program dengan alamat seperti pada tabel berikut ini:

    AlamatKeterangan
    0.00Input 1
    0.01Input 2
    100.0Output

  5. Menambahkan input dapat mengetik LD pada kolom yang ingin diisi seperti pada gambar berikut ini. untuk tombol On dan OFF lakukan hal yang sama pula.


    kemudian jika di Enter akan muncul seperti berikut ini.


  6. Pindah ke bagian bawah Input 1 pada rung yang sama dan mengetikkan OR diikuti dengan alamat input seperti pada gambar berikut ini.


  7. Tambahkan Output dengan mengetik perintah OUT diikuti dengan alamat sesuai pada tabel diatas yaitu 100.0. sehingga program akan menjadi seperti pada gambar berikut ini.


  8. Jika kalian kesulitan dalam membuat program dengan mengetik perintah, kalian dapat menggunakan menu pada tool aplikasi yang telah tersedia di bagian atas aplikasi yang ditunjukkan dengan simbol-simbol seperti berikut ini.


  9. Lakukan kompilasi untuk program yang telah kita buat di atas dengan menekan tombol Ctrl + F7, atau klik pada Program ➔ Compile.
  10. Untuk melakukan simulasi atau percobaan pada laptop maupun komputer kita, maka kita tidak membutuhkan perangkat yang sebenarnya. kita akan menguji simulasi dengan menekan tombol pintasan Ctrl + Shift + W atau dengan cara klik pada Simulation ➔ Work Online Simulator. maka pada layar kita dapat mengatur logika yang tampil. dengan cara Klik Kanan Pada input yang ingin di ubah ➔ Set ➔ On. seperti pada contoh gambar berikut ini.

Sekian dulu ilmu singkat yang dapat saya sampaikan. semoga bermanfaat bagi kita semua.
terimakasih, salam anak pulau :)

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar