--> Skip to main content

02 - Dasar PLC Omron CP2EN - CX Programmer - Latching ON / OFF atau Set / Reset


 Assalamulaikum Wr wb,
selamat pagi dan salam buat semua.

Kali ini saya ingin membagikan sedikit ilmu tentang pemograman PLC Omron CP2EN menggunakan software CX Programmer. mungkin bagi yang belum paham cara penggunaannya dapat merujuk pada postingan sebelumnya, dimana pada postingan tersebut kita telah membuat pemograman PLC sederhanya menggunakan 1 buah input dan 1 buah output. pada postingan tersebut membuktikan bahwa, jika pin input ditekan (tombol) maka akan memberikan output pada alamat coil yang telah kita tentukan, selam tombol masih di tekan, maka output pun akan terus manyala. jika tombol di lepas, maka output pun akan mati dengan sendirinya.

Berbeda dengan percobaan kita yang sekarang ini adalah : kita akan menggunakan 2 buah input dan 1 buah output. dimana 2 buah input tersebut adalah berupa tombol dengan kontak NO (Normally Open) dan satunya lagi menggunakan tombol kontak NC (Normally Close). 

tombol NO akan digunakan untuk menyalakan output, sedangkan tombol NC digunakan untuk mematikan output. terdapat kontak internal dengan alamat yang sama dengan output untuk menahan agar output tetap menyala jika tombol ON telah dilepas. berikut ini adalah langkah-langkahnya :


Langkah - Langkahnya :
  1. Bukalah aplikasi CX-Programer yang telah diinstall sebelumnya, (Cara Install CX-Programmer)
  2. Buatlah project baru dengan cara klik pada File ➔ New dan isi sesuai seperti di bawah ini, untuk Device Name isi dengan nama yang kita inginkan "tanpa spasi" . 


  3. tampilan akan terlihat seperti pada gambar berikut ini.


  4. buatlah program berdasarkan tabel berikut ini, untuk input 1 buah tombol NO (Normaly Open), 1 buah tombol NC (Normaly Colse) dan Output 1 buah coil serta tambahkan 1 buah kontak NC lagi dengan alamat yang sama dengan  coil output. seperti yang ditunjukkan pada tabel berikut ini:

    AlamatKeterangan
    0.00ON - NO
    0.01OFF - NC
    100.00Output
    100.00NO
  5. Program akan terlihat seperti pada gambar berikut ini. menambahkan input dapat mengetik LD pada kolom yang ingin diisi seperti pada gambar berikut ini. 


    kemudian jika di Enter akan muncul seperti berikut ini.


  6. Tampilan program keseluruhannya adalah seperti yang terlihat pada gambar berikut ini.



  7. Lakukan kompilasi untuk program yang telah kita buat di atas dengan menekan tombol Ctrl + F7, atau klik pada Program ➔ Compile.
  8. Untuk melakukan simulasi atau percobaan pada laptop maupun komputer kita, maka kita tidak membutuhkan perangkat yang sebenarnya. kita akan menguji simulasi dengan menekan tombol pintasan Ctrl + Shift + W atau dengan cara klik pada Simulation ➔ Work Online Simulator. maka pada layar kita dapat mengatur logika yang tampil. dengan cara Klik Kanan ➔ Set ➔ On.

Sekian dulu ilmu singkat yang dapat saya sampaikan. semoga bermanfaat bagi kita semua.
terimakasih, salam anak pulau :)


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar