--> Skip to main content

01 - Dasar PLC Omron CP2EN - CX Programmer - Input Pin dan Output Pin

Assalamualaikum Wr Wb, Selamat pagi semuanya.
Pada pagi yang cerah kali ini saya ingin membagi sedikit ilmu dasar yang banyak digunakan dalam praktikum pemograman PLC atau sering disebut dengan Programmable Logic Controller . Pada pemograman PLC sering kali menggunakan sistem pemograman Ladder, yaitu berbentuk susunan dan barisan block. Untuk lebih jelasnya mari kita simak paparan contoh program berikut ini beserta langkah-langkahnya.

Langkah - Langkahnya :
  1. Bukalah aplikasi CX-Programer yang telah diinstall sebelumnya, (Cara Install CX-Programmer)
  2. Buatlah project baru dengan cara klik pada File ➔ New dan isi sesuai seperti di bawah ini, untuk Device Name isi dengan nama yang kita inginkan "tanpa spasi" . 


  3. tampilan akan terlihat seperti pada gambar berikut ini.


  4. buatlah program berdasarkan tabel berikut ini, untuk input 1 buah tombol NO (Normaly Open) dan Output 1 buah coil dengan alamat seperti pada tabel berikut ini.

    AlamatKeterangan
    0.00Input
    100.00Output
  5. Program akan terlihat seperti pada gambar berikut ini. menambahkan input dapat mengetik LD pada kolom yang ingin diisi seperti pada gambar berikut ini. 


    kemudian jika di Enter akan muncul seperti berikut ini.

    untuk membuat Coil Ouput cukup mengetikkan OUT pada kolom berikut nya diikuti dengan alamat yang telah kita tentukan bersama pada tabel di atas. 

  6. Tampilan program keseluruhannya adalah seperti yang terlihat pada gambar berikut ini.


  7. Lakukan kompilasi untuk program yang telah kita buat di atas dengan menekan tombol Ctrl + F7, atau klik pada Program ➔ Compile.
  8. Untuk melakukan simulasi atau percobaan pada laptop maupun komputer kita, maka kita tidak membutuhkan perangkat yang sebenarnya. kita akan menguji simulasi dengan menekan tombol pintasan Ctrl + Shift + W atau dengan cara klik pada Simulation ➔ Work Online Simulator. maka pada layar kita dapat mengatur logika yang tampil. dengan cara Klik Kanan ➔ Set ➔ On.


  9. Tampilannya akan menjadi seperti ini saat tombol di set menjadi NC.

Sekian dulu ilmu singkat ayng dapat saya sampaikan. semoga bermanfaat bagi kita semua.
terimakasih, salam anak pulau :)

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar