--> Skip to main content

03 - Dasar PLC Omron CP2EN - CX Programmer - Fungsi KEEP / Set dan Reset / Latching

Assalamulaikum Wr wb,

selamat siang dan salam buat semua.

Kali ini saya melanjutkan tutorial sebelumnya yaitu metode pengunci atau Latching yang sudah saya bahas pada postingan sebelumnya. Yaitu kita membahas 2 tombol untuk menyalakan dan mematikan output. 

kali ini saya juga akan menggunakan prinsip kerja yang sama dengan menggunakan Block yang diset dengan SR atau Set Reset. fungsi ini sama persis dengan metode Latching. kita akan menggunakan 1 buah output, dan 2 buah tombol juga dan beberapa fungsi lain. mari kita ikuti tutorialnya pada langkah-langkah berikut ini :

Langkah - Langkahnya :
  1. Bukalah aplikasi CX-Programer yang telah diinstall sebelumnya, (Cara Install CX-Programmer)
  2. Buatlah project baru dengan cara klik pada File ➔ New dan isi sesuai seperti di bawah ini, untuk Device Name isi dengan nama yang kita inginkan "tanpa spasi" . 


  3. tampilan akan terlihat seperti pada gambar berikut ini.


  4. buatlah program berdasarkan tabel berikut ini, untuk input 1 buah tombol NO (Normaly Open), 1 buah tombol NC (Normaly Colse) dan Output 1 buah coil serta tambahkan 1 buah kontak NC lagi dengan alamat yang sama dengan  coil output. seperti yang ditunjukkan pada tabel berikut ini:
    AlamatKeterangan
    0.00ON - NO
    0.01OFF - NO
    100.00Output
    W10.00NO
    W10.0KEEP

  5. Menambahkan input dapat mengetik LD pada kolom yang ingin diisi seperti pada gambar berikut ini. untuk tombol On dan OFF lakukan hal yang sama pula.


    kemudian jika di Enter akan muncul seperti berikut ini.


  6. Tambahkan fungsi Set Reset pada kolom berikutnya dengan megetikkan Keep diikuti dengan alamat W10.0 sesuai dengan tabel pada langkah 4 diatas. maka akan tampil seperti pada gambar berikut ini.



  7. Tambahkan tombol OFF dan hubungkan pada funsi keep serta tambahkan rung 2 untuk menghandle Outputnya. Tampilan program keseluruhannya adalah seperti yang terlihat pada gambar berikut ini.

  8. Lakukan kompilasi untuk program yang telah kita buat di atas dengan menekan tombol Ctrl + F7, atau klik pada Program ➔ Compile.
  9. Untuk melakukan simulasi atau percobaan pada laptop maupun komputer kita, maka kita tidak membutuhkan perangkat yang sebenarnya. kita akan menguji simulasi dengan menekan tombol pintasan Ctrl + Shift + W atau dengan cara klik pada Simulation ➔ Work Online Simulator. maka pada layar kita dapat mengatur logika yang tampil. dengan cara Klik Kanan ➔ Set ➔ On.

Sekian dulu ilmu singkat yang dapat saya sampaikan. semoga bermanfaat bagi kita semua.
terimakasih, salam anak pulau :)


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar