Skip to main content

Belajar membuat aplikasi android dengan mudah menggunakan MIT App Inventor

Assalamualaikum wr wb
sebelum dimulai kalian bisa lihat-lihat dan baca-baca di link berikut ini.

http://appinventor.mit.edu/explore/

tampilannya kira-kira seperti berikut ini.

menggunakan web ini kalian bisa membuat aplikasi android dengan mudah dengan hanya drag n drop komponen dan intruksinya. begitu pula pada design tampilan pada software yang akan dibuat hanya dilakukan pengaturan properties pada layar dan menyeret bagian-bagian yang diperlukan seperti
1. sms
2. bluetooth
3. kotak horizintal / vertikal
4. text box
5. text
6 dan seterusnya baca sendiri dan diterjemahkan dengan kamus ya..........
berikut ini tampilan design gui pada layar android menggunakan MIT App Inventor.

untuk logo, icon dan lain sebaginya bisa di ganti dengan cara menguopload .
jadi software MIT app inventor digunakan secara online

saya pernah baca yang secara ofline juga bisa. kalau teman2 ada yang punya mohon di share link downloadnya di komentar post ini.

ayo belajar buat aplikasi android sendiri


bentuk intruksi dalam pemogramannya tidak rumis. "Sediakan Kamus B.Inggris" ya.......!!!!
cukup sederhana dan banyak di share di tutorial. kira2 tampilan kode sebagai contoh di bawah ini.


kalau udah selesai bosa dilakukan compile pada bagian menu-menunya cari build atau compile bisa.
ada pilihan jadikan APK atau mau install lewat barcode dengan syarat kalian udah install aplikasi barcode scanner (cari aja di app store pasti ada).

kalo udah yasudah....udah dulu...capek ni.....
preview aja kok. untuk display-display diatas saya sedang membuat sebuah software SMS BOOMBER tapi gak gratis pulsa ya....

lanjutan dan postingan sebelumnya tentang SMS boomber.
  1. Aplikasi Android Indrobo SMS Boomber Bagian Design Tampilan
  2. Aplikasi Android INDOROBO SMS Boomber menggunakan MIT App Inventor
  3. Cara inport Project pada MIT App Inventor
  4. Aplikasi Android Indorobo SMS Boomber bagian Block Code pemograman
  5. Cara Compile dan Build Aplikasi Android dari MIT App Inventor
  6. Belajar membuat aplikasi android dengan mudah menggunakan MIT App Inventor

bagi ayng pulsanya gak tau dikemanain atau paket SMS nya yang banyak bisa deh buat ngerjain temen (tidak disarankan).
sekian dulu ya....wassalam.

salam anak pulau :)

Comments

  1. sama enaknya (bagi yang udah bisa) hihihi.....
    tapi app inventor ini lebih enak kok. dijamin.

    ReplyDelete
  2. assalamualaikum, pak.
    secara ofline
    link free download software App inventor mit:
    http://appinventor.mit.edu/explore/ai2/windows.html

    ReplyDelete
  3. waalaikum salam. iya memang ada. tp lebih mudah online krn fiturnya ter update dan data tersimpan di akun online.
    jika laptop rusak atau amsuk virus project kita tidak hilang.
    terimakasih sarannya sangat membantu pengunjung lainnya bagi ayng tidak punya internet.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

PCB Jam Digital 7 Segmen Mengunakan ATmega8 (PCB,SCH dan Firmware Download)

akhirnya tercapai juga ni......
mau upload yang satu ini. langsung ke TKP aja. semoga bermanfaat.



rangkaian skematicnya seperti berikut ini


rangkaian diatas menggunakan NET sehingga dengan hanya mengganti nama pada tiap PIN komponen maka dengan mudah langsung terhubung secara otomatis. terlihat lebih rapi kan..........? jika kita menggunakan kabel semuanya. mungkin yg liatnya udah pusing duluan. tp jangan panik.......... disini saya sertakan link download PCB dan skematic diatas.
Download..... PCB jam digital ATmega8Skematik Jam Digital ATmega8Firmware jam digital ATmega8Main Program jam digital ATmega8 (sudah OK)Sub rutin program jam digital ATmega8Project file programListing komponencara gabung program karkulasi.c dan program utamaHasil rangkaian Jam digital ATmega8 Semua file download diatas terutama pada main program dan sub rutin harus di gabungkan untuk dapat di kompilasi menjadi file [dot]HEX,  atau bisa langsung gunakan file firmware dan diisi ke mikrokontroller ATmega8. terima…

Perbaiki Baterai Lithium Polymer (li-po)

kalo ngetik ni key word seperti diatas tu....bakalan nyasar kesini...
nah......

gak usah banyak basa-basi deh.
malam ini ada masalah besar yang terjadi pada baterai line tracer kesayanganku, sebuah Lithium Polymer di nyatakan rusak oleh chargernya sendiri... begitu tega dia mengkhianati pasangannya... ngaur aja ni....

tu....kasus ini udah buat saya rugi sampe Rp. 180 Rb untuk sebuah harga baterai Lithium Polymer yang memiliki tegangan 7,4 dimana terdapat 2 buah cell baterai didalamnya.

ada beberapa hal yang perlu diperhatikan kalau pakai baterai Li-po ini.

pada baterai
1. baterai akan rusak jika tegangan di tiap cellnya dibawah 3,5 Volt. normalnya 3.7.

2. mengisi ulang baterai hanya bisa dilakukan dengan charger khusus yang telah diatur khusus menjaga tegangan tetap stabil, jika menggunakan charger biasa maka baterai dalam jangka waktu panjang akan menggelembung.

pada charger (yang murahan ni....)
1. tegangan input charger menggunakan 12 DC
2. led merah akan menyala jika power input charger…

Minimum System ATmega8535/16/32 PCB Menggunakan Software Eagle

perhatkan screen shot berikut ini, mungkin dah pada tau kalo ngeliat ni rangkaian. soalnya sangat - sangat simple and sangat mudah untuk dibuat apalagi kalau menggunakan cara membuat PCB seperti yang telah saya jelaskan pada posting sebelum - sebelumnya.


gambar diatas merupakan PCBminimum system ATmega8535 / ATmega16 / ATmega32. kenapa demikian?
karena konfigurasi pin dari jenis Microcontroller diatas adalah sama, hanya dibedakan pada memorinya saja.
perhatikan juga tata letak komponennya yang hanya sedikit he he he...

untuk posisi port udah tersusun rapi dikaenakan konfigurasi pin mikrokontroller ini sudah berurutan jadi gak susah - susah deh...
untuk lebih jelasnya bisa langsung lihat data sheetnya aja oke? berikut juga saya sertakan PCB nya menggunakan eagle versi 5.0.0

download
[1] ATmega8535
[2] ATmega16
[3] ATmega32
[4] Minimum system Mikrokontroller ATmega8535/16/32

ada pertanyaan? silahkan....
ada permintaan? monggo......
salam anak pulau aje ye......:-)

Related Article
[1] Mini…