--> Skip to main content

Membuat Rotating LED

Sebelumnya minta maaf krn saya sudah jarang posting. dan mungkin ada yang telah lama menunggu artikle ini. rankaian untuk membuat rotating LED ini sangalah sederhana cukup sebuh minimum system mikrokontroller dan beberapa resistor dan juga LED. untuk contoh foto yang telah saya buat dapat dilihat berikut ini dan video bisa lihat disini
atau ke postingan sebelumnya
rangkaian minimum system ATmega bisa dilihat disini

saya menggunakan mikrokontroler ATmega8535 dan hanya menggunakan 1 PORT saja.
disini saya menggunakan resistor 560 ohm agar LED terlihat lebih terang. unutk Led gunakan Aktif LOW saja ini unutk membuat LED menerima power lebih OK he he he he dan agar mikrokontroller tidak terbebani.
dibutuhkan sebuah sensor fotodioda seperti yang telah umum digunakan pada robot Line Tracer / Line Follower dengan menggunakan komparator IC LM339, sensor ini nantinya berfungsi saklar yang mana akan mengaktifkan LED pada saat terkena sensor. dengan kata lain start penampilan dimulai pada saat tuas benar2 berada pada posisi awal karena tuas lah yang akan menghalangi sensor sehingga menghasilkan kondisi putih pada sensor.
rangkaian sensor garis atau proximity bisa dilihat disini

system mekanik bisa terserah tp yang saya gunakan disini adalah seperti halnya roda kereta api. sehingga ada tuas yang bergerak melalui lubang rel yang menyebabkan tongkat pengayun LED bergerak kekiri dan kekanan.
untuk penggerak(motor) gunakan saja FAN komputer agar lebih mudah. akan lebih baik jika menggunakan motor DC yang lebih bertenaga dan tidak berisik serta telah dilengkapi dengan gear box.

gambar diatas ini sangat perlu diperhatikan.
keterangan
1. bulat merah adalah posisi sensor yang memungkinkan tongkat atau tuas bisa menjangkaunya
2. silang kuning adalah tongkat yang bergerak mengkalagi sensor setiap kali pergerakan
3. silang biru adalah penutup sensor unutk memberikan kondisi hitam pada sensor dan agar tidak terpengaruh dari cahaya luar.

Penjelasan singkat
motor di ON kan dengan tegangan terpisah (tidak ada hubungan antar mikrokontroler dengan motor serta tidak ada pengendalian kecepatan motor.

let dikedipkan dengan sangat cepat dan tidak ada kaitannya dengan kecepatan motor karena saya elah melengkapi dengan sendor foto dioda seperti pada Line Tracer dengan menggunakan IC LM339 sebagai komparator. jadi, kita cukup mengatur delay kedipan dari tiap kolom led (pada project saya ini saya gunakan 1ms.

[1] http://keep-elka.blogspot.com/2009/08/minimum-system-mikrokontroller-atmega16.html

[2] http://keep-elka.blogspot.com/2009/08/rotating-led-project-kuliah.html

[3] http://keep-elka.blogspot.com/2009/02/sensor-proximity-sensor-garis.html

selamat mencoba............
salam anak pulau.

Related Article
[1] Rangkaian Rotating LED Tanpa Sensor
[2] Rangkaian Rotating LED with Sensor
[3] PCB rotating LED
[4] Rotating LED konsep
[5] Membuat Rotating LED
[6] sensor Proximity
[7] Rotating led with sensor program+video
[8] Wolo Model 3000-A Hawkeye Magnetic Mount LED Rotating And Flashing Warning Light - Amber
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar