--> Skip to main content

Alat Penjernih Air Pada Aquarium

Terinspirasi untuk membuat alat ini adalah semata-mata hanya agar mempermudah dalam membersihkan aquarium dan membuat air dalam aquarium lebih tahan lama dan tidak kotor.

Alat ini fungsinya sama dengan alat penyaring air pada aquarium yang mana air dipompa naik keatas dan dijatuhkan lagi ke aquarium tersebut setelah disaring. Siklus penyaringan pada aquarim ada beberapa model seperti “Air Terjun”, “Penyaringan biasa” dan maih banyak lagi tergantung kemauan pemiliknya, akan tetapi uang yang dikeluarkan untuk pembuatannya sangatlah mahal.

Alat penjernih aquarium yang akan saya panjang lebarkan nanti adalah alat yang sangat mudah pembuatannya dan sangat murah biaya yang akan dikeluarkan.

Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.


Alat dan bahan

1.Pipa air plastic (pipa paralon) yang kecil seperlunya sesuai dengan keliling
aquarium dan ditambah tinggi aquarium.

2.5 buah Penyambung pipa siku

3.1 buah simpang 3 penyambung pipa

4.alat penghasil gelembung (yang biasa digunakan pada aquarium)

5.board transparan sebesar alat aquarium (bisa menggunakan atap rumah tranparan yang terbuat dari plastic atau bool yang sudah diluruskan seperti plat)

6.bebatuan kecil

7.pisau

8.solder untuk melubangi (bisa menggunakan paku yang dipanaskan)

9.gunting

10.lem bila perlu.

Langkah pembuatan alat

1.siapkan pipa, simpangan penyambung pipa dan siku pipa seperlunya, untuk pipa diukur sepanjang sisi aquarium.



2.Melubangi pipa paralon yang nantinya akan menghadap keatas sebagai penyedot air dan melubangi salah satu penyambung siku di bagian atasnya tempat masuknya selang.



3.Melubangi pembatas antara bebatuan kecil dengan penyaring sebanyak mungkin akan tetapi jangan sampai bebatuan tersebut menyumbat lubang yang kita buat (hanya tertupi bukan menyumbat).



4.Merakit alat menjadi seperti pada gambar berikut ini



5.Memasukkan alat kedalam aquarium dan meletakkan pembatas diatasnya kemuadian meletakkan bebatuan diatanya lagi dan dlanjutkan dengan mengisi air. Gambar lengkapnya adalah seperti dibawah ini.



6.Memasukkan selang daari atas seperti pada gambar diatas sampai mencapai dasar, jika sedah sampai dasar, tariklah selang sedikit (sekitar 3 atau 4 cm) keatas untuk mendapatkan hasil yang lebih baik , dan hidupkan alat penghasil gelembung

7.Sekarang anda dapat menyaksikan perubahan fungsi alat penghail gelembung menjadi pompa dan penyaring sekaligus

8.selamat mencoba………………..

Penjelasan singkat system kerja alat

Alat ini hanya mmerlukan penghasil udara yangmana pada saat udara dilepas maka akan memenuhi silinder tiang dan membawa air didalamnya menuju keatas. Ini disebabkan karena sifat udara dalam air yang selalu menuju keatas.

Alat ini akan menyimpan kotoran di bagian tengah lingkungan pipa sehingga kotoran tersebut tidak akan terbawa keluar lagi oleh gelembung udara.

Sekian dan terimakasih

Salam anak pulau semuanya..........

GOOD LUCK
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar