--> Skip to main content

Pemograman LED AVR GCC menggunakan Code Blocks

Assalamualaikum,wr,wb Selamat pagi semuanya... jam 1 pagi gini iseng-iseng posting yang sedikit berguna bagi pemula AVR GCC, disini saya menggunakan software code blocks langsung aja kalo sobat - sobat mau download code block bisa klik DISINI

bagi yang udah install kira-kira tampilan awalnya seperti berikut ini.
 kalo coba buat sebuah program dengan langkah berikut ini dengan cara klik pada File --> new --> project maka akan muncul tampilan seperti berikut ini.

lanjutkan dengan memilik AVR project dan menekan tombol Go maka akan muncul tampilan berikut ini.
Klik Next berikut nya akan muncul tampilan seperti berikut ini.
lanjut lagi dengan mengisi nama projeck dan menentukan tempat penyimpannanya. klik next jika sudah dan akan muncul tmapilan berikut ini.
lanjut lagi klik next
 oke sekarang pilih chip seperti gambar diatas misalnya ATmega16 dan atur xtall yang digunakan seperti konfigurasi diatas dan klik finish. pengaturan sudah selesai.

ketik atau edit program yang muncul pada jendela project seperti pada tampilan dibawah ini.

kalau sudah tinggal tekan tombol shortcut CTRL + F9. maka program akan segera dibuild atau dapat menekan tombol dibagian tool bar dengan gambar Gear. atau dapat dilakukan dnegan cara klick pada menu build --> pilih build. pesan yang akan muncul pada bagian bawah adalah seperti berikut ini.
Selesai sudah......

tidak ada error yang terdeteksi.
untuk mencoba hasil program silahkan upload programnya ke microcontroller ATmega16 masing-masing dengan konfigurasi LED berada pada PORTC. 

untuk source code project lengkap dapat didownload pada link berikut ini.
Download ---------------> Program kelap kelip LED pada port C menggunakan AVR GCC


sampe sini dulu ya......udah pagi...mau pulang. hehehehhehe.....

semoga bermanfaat. salam anak pulau. :)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar