Skip to main content

Rangkaian Password dengan Push Button sederhana

Udah lama gak posting krn sibuk terus. buat pembaca yang setia pada digitdude.com terimakasih masih mau berkunjung. seperti biasa. to the poin aja.

rangkaian kali ini mampu menyimpan password sepanjang 4 digit. kalo mau ditambah silahkan edit programnya aja. disini digunakan eeprom untuk mengingatnya.

pada program dilakukan verifikasi setiap kali ingin mengganti password lama..
hehehe kayak hape aja harus inget password lama.

btw. berikut ini adalah rangkaian skematicnya.

dengan PCB sebagai berikut layout serta footprint kaki rangkaian


Daftar Komponen
  1. crystall 12Mhz -- x1
  2. cap 22pf 2bh -- x2
  3. Push Button -- x13
  4. LCD carakter -- x1
  5. BD139 -- x1
  6. trimpot 20k -- x1
  7. dioda IN4002 -- x2
  8. Connector 6pin -- x1
  9. connector 2pin screw -- x3
  10. regulator 7808 dan 7805 -- x1
  11. R 560 -- x1
  12. R 10k -- x1
  13. R 1k -- x1
  14. elco 470uf/16volt -- x1
  15. led 3mm -- x1

gambar tataletak seperti dibawah ini

Download
  1. Password project skematic
  2. Password project PCB
  3. Password project program
  4. Datasheet ATmega8535
  5. Hex File

Silahkan download.
oh ya, hasilnya adalah seperti gambar berikut ini.
okedeh....kalo ada pertanyaan dan kendala komen aja dibawah. cara pengeditan program ntar kalo banyak yang nanya biar saya buatkan flowshart prosesnya.
sampai disini dulu perjalanan kita hari ini.

salam anak pulau.....:-)


Comments

  1. mas mikro nya bisa diganti dengan atmega 16 ????

    ReplyDelete
  2. oooo ,mas penggunaan rangkaian diatas bagaimana,trus programnya bagaimana,kok tdk bisa di donlod,,,,,,??????

    ReplyDelete
  3. rangkaian itu untuk menggantikan kunci pintu kamar misalnya. passwor kalo sesuai akan membuka akses port misalnya. sementara pada rangkaian diatas hanya demo mengeluarkan tulisan "password benar" pada layar. gak bisa di download mungkin karena atmega nya beda. lakukan kopi paste program ke project baru dengan konfigurasi atmega yg digunakan sekarang. pin yang sesuai dengan rangkain diatas adalah. ATmega8535, ATmega16, dan ATmega32.

    ReplyDelete
  4. hosting gratisannya mau dipindah rencananya. maaf atas ke tidak nyamanannya.

    ReplyDelete
  5. download programnya di mana mas broow????

    ReplyDelete
  6. ntar ya link ny akan segera di perbaiki.

    ReplyDelete
  7. link sudah di perbaiki. silahkan di download.

    ReplyDelete
  8. mas programnya ada yg udh di compile jadi .HEX??

    soalnya waktu saya compile pake CVAVR error..

    ReplyDelete
  9. ok siip mas saya tunggu.., :D

    ReplyDelete
  10. udah ada hex filenya di link download.

    Hex file

    sedot aja.

    untuk yang udah downlaod file [dot]C nya,
    caranya

    buka code vision dan buat new project dan atur chip serta Frekuensi kristalnya ,

    yang lain jangan di otak atik.

    trus buka file [dot]c yang udah di download pake notepad dan copy trus paste semua di project baru kalian.

    #include diganti sesuai dengan IC yang kalian miliki (rekomanded mega16,mega32)

    selamat mencoba

    ReplyDelete
  11. 0000 semua. karena kalo baru di download kan eeprom nya masih kosong. jadi password awal adalah 0000.

    ReplyDelete
  12. kalo mau tambahkan led gimana ya?
    LED Merah kalo password salah,
    Led hijau kalo password betul dan kunci terbuka,
    Led biru sebagai tanda power on dan stand by.

    saya coba koq ga bisa.

    ditambah lagi kalo password salah sampe 3 kali berarti totally locked, dan kita harus tunggu sampe 15 menit atau 1 jam utk memasukkan password lagi.

    ReplyDelete
  13. silahkan tambahkan di kaki mikrokontrolelr yang masih tersisa.

    pada rangkaian masih banyak tersisa pada PORTC.
    kira2 seperti ini masangnya kalo aktiv low..

    ke mikro <-----|<|--/\/\/\---|VCC
    K A R 330

    trus pada program yang menampilkan tulisan password salah tambahkan program led misal PORTC.4=0; pada pin 4 port C akan mengeluarkan logic nol.

    untuk menambahkan fungsi menunggu apabila salah terus maka saya sarankan menggunakan RTC karena waktu ayng berjalan akan sama dengan waktu sebenarnya. kemudian jika listrik padam waktu akan terus tetap berjalan.

    ReplyDelete
  14. Thanks penjelasannya, ternyata salah sy pake aktif high, programnya aktif low.

    Mohon editin dong utk penggunaan keypad matriks 4x4, maaf, awam soalnya... hehe...

    ReplyDelete
  15. keypad yang saya gunakan bukan keypat matrix 4x4. hanya penekanan tombol biasa (push button biasa)

    setiap tombol terpasang langsung ke tiap PIN mikrokontroller. kalo keypad matrix 4x4 mungkin hanya butuh 8 kaki mikrokontroller alis 1 PORT. kalo ini malah 16 Pin kan?

    edit di bagian dalam main program
    void main()
    {
    //cari tulisan seperti berikut ini dan ganti seperti berikut ini.

    PORTC=0x00;
    DDRC=0x00;

    PORTD=0x00;
    DDRD=0x00;
    }

    pada port C dan D berfungsi sebagai input dan mula2 adalah nol kemudian ganti logika tiap to,bol pada program yang nol menjadi 1.

    semoga bermanfaat.
    maaf gak bisa bantu ngedit karena dari segi rangkaiannya udah beda jadi harus liat skematicnya dulu baru bisa bantu. insyaAllah....

    ReplyDelete
  16. Passwordnya salah kayanya, saya coba 0000 semua sampe 9999 **** dan ####
    Semuanya salah keterangannya.
    Jadi passwordnya awal gimana?

    ReplyDelete
  17. wah ane harus coba lagi ni. ntar ditunggu kabarnya ya...

    ReplyDelete
  18. thx agan kubot (kaskus) heheheheh...

    ReplyDelete
  19. Mumpung hari ini GW sedang ULTAH boleh deh reques. kira2 apa yang bisa dibantu?

    ReplyDelete
  20. mas kalo misalnya pasword uda bener trus ada sinyal yng keluar ke pin agar bisa untuk memicu rangkaian lain,,, gmana ya mas...>>?? trmakasi mas

    ReplyDelete
  21. di listing program tinggal ditambahain di bagian setelah tulisan tampilan lcd password benar.

    tambahin aja misal: PORTC.3=0; mengeluarkan logika nol.

    sebelumnya pada PORTC.3 sudah di setting menjadi output pada DDRC nya.

    ReplyDelete
  22. ok... trimakasi mas said ane coba...

    ReplyDelete
  23. untuk paswordnya devauld 0000 coba ya...unduk lebih pastinya cek nilai eeprom menggunakan xtreme burner. keliatan password nya.

    ReplyDelete
  24. maaf, cara injek programnya pake apa ya? pakek USB downloader? portnya yang mana?

    ReplyDelete
  25. pake USB downloader juga bisa. pake parael juga bisa.
    PORT yang dimaksud? apakah port buat download?
    kalo ane pake 6 pin deket mikro. konfigurasinya aja disamakan.
    MOSI,MISO,SCK,RESET,(+),(-).

    ReplyDelete
  26. kalo ditambahin L293D buat menggerakkan motor DC ditaroh di pin berapa ya...?
    terimakasih buat yang sebelumnya :D

    ReplyDelete
  27. disini kan menggunakan transistor....nah....ganti transistornya dnegan driver yang kamu inginkan. tepatnya pada basis transistor BD139 ada di kaki paling kiri transistor dari gambar PCB diatas. tepatnya pada PORTC.0.

    ReplyDelete
  28. maz, filenya gak bisa didownload... bisa minta re-upload... makasih...

    ReplyDelete
  29. file masih bisa di download kok. sudah saya coba.
    cara downloadnya sudah berbeda.
    link berikut ini membahas cara download pada blog saya.

    http://www.keep-elka.blogspot.com/2013/06/cara-download-di-blog-ini.html

    ziddu telah melakukan perubahan dan saya baru menyadari setelah beberapa komentar para pengunjung yang kesulitan mendownload file di blog ini. semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  30. password defaultnya 0000 kan ya??
    ane mau coba buat nih gan
    udh oke kan ya rangkaiannya

    makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  31. sudah, silahkan mencoba, jika ada kesulitan silahkan komentar. dan baca komentar2 diatas terlebihdahulu. terimakasih juga sudah berkunjung di blog sederhana ini.

    ReplyDelete
  32. Assalamu'alaikum wr.wb

    Mas ko passwordnya salah terus yah,,, Password aslinya apa mas???
    Dan Syntac untuk tulis dan baca ke eeprom itu yang mana yah mas dari source code di atas???

    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih,,, :)

    Wassalamu'alaikum wr.whb

    ReplyDelete
  33. waalaikum salam wr wb
    untuk pass awal 0000

    untuk intruksi penyimpanan di eeprom sama dnegan penyimpanan pada variable biasa.
    hanyasaja untuk variable yang dijadikan eeprom berbeda saat ini sialisasinya.

    mis: var biasa
    char namavar.

    untuk eeprom diawali dengan eeprom
    eeprom char namavar.

    gitu. jadi pembacaan dan penulisan eeprom tinggal menggunakan seperti variable biasa.
    terimakasih telah berkunjung.

    ReplyDelete
  34. Owh, Makasih banyak mas,,, tetapi di source code yang mas kasih, itu dmn yah mas??? saya belum bisa menemukan syntac penyimpanan di source code yang mas berikan,,,

    Terimakasih sebelumnya saya ucapkan,,, :)

    ReplyDelete
  35. warna pink bagian atas kalo di cvavr. di inisialisasi variable atau find aja pakai ctrl+f trus ketik eeprom .

    ReplyDelete
  36. mas, kalau password salah sampai 3 kali lalu ada keterangan di LCD, itu bagaimana programnya?

    ReplyDelete
  37. tinggal kasi variable 1 buah di paling atas misal.

    int kesalahan;

    di dalam verifikasi langsung cek apakah kesalahan sudah 3 kali menggunakan perintah if pada umumnya.

    project ini banyak ayng mengeluh ya....belum sepat di update tentang passwordnya yang katanya sering gak bisa.
    segera akan saya demokan di proteus jika sempat.

    terimakasih sudah berkunjung,.

    ReplyDelete
  38. mas kalau kita pakai keypad 4x4 membran bisa gak ??

    ReplyDelete
  39. bisa tp ganti programnya.karena yang saya bikin diatas banyak sisa pin jadi saya gunakan 1 pin 1 tombol. kalo yg membran atau yg kepad biasanya di buat kolom dan baris sehingga programnya butuh scan kolom dan baris.

    ReplyDelete
  40. uda gbsa d download lg ya itu link nya ?

    ReplyDelete
  41. gan minta filenya boleh?
    udah kagak bisa didownload..
    kirim aja ke akbar.rtio@gmail.com
    thanks before

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

PCB Jam Digital 7 Segmen Mengunakan ATmega8 (PCB,SCH dan Firmware Download)

akhirnya tercapai juga ni......
mau upload yang satu ini. langsung ke TKP aja. semoga bermanfaat.



rangkaian skematicnya seperti berikut ini


rangkaian diatas menggunakan NET sehingga dengan hanya mengganti nama pada tiap PIN komponen maka dengan mudah langsung terhubung secara otomatis. terlihat lebih rapi kan..........? jika kita menggunakan kabel semuanya. mungkin yg liatnya udah pusing duluan. tp jangan panik.......... disini saya sertakan link download PCB dan skematic diatas.
Download..... PCB jam digital ATmega8Skematik Jam Digital ATmega8Firmware jam digital ATmega8Main Program jam digital ATmega8 (sudah OK)Sub rutin program jam digital ATmega8Project file programListing komponencara gabung program karkulasi.c dan program utamaHasil rangkaian Jam digital ATmega8 Semua file download diatas terutama pada main program dan sub rutin harus di gabungkan untuk dapat di kompilasi menjadi file [dot]HEX,  atau bisa langsung gunakan file firmware dan diisi ke mikrokontroller ATmega8. terima…

Minimum System ATmega8535/16/32 PCB Menggunakan Software Eagle

perhatkan screen shot berikut ini, mungkin dah pada tau kalo ngeliat ni rangkaian. soalnya sangat - sangat simple and sangat mudah untuk dibuat apalagi kalau menggunakan cara membuat PCB seperti yang telah saya jelaskan pada posting sebelum - sebelumnya.


gambar diatas merupakan PCBminimum system ATmega8535 / ATmega16 / ATmega32. kenapa demikian?
karena konfigurasi pin dari jenis Microcontroller diatas adalah sama, hanya dibedakan pada memorinya saja.
perhatikan juga tata letak komponennya yang hanya sedikit he he he...

untuk posisi port udah tersusun rapi dikaenakan konfigurasi pin mikrokontroller ini sudah berurutan jadi gak susah - susah deh...
untuk lebih jelasnya bisa langsung lihat data sheetnya aja oke? berikut juga saya sertakan PCB nya menggunakan eagle versi 5.0.0

download
[1] ATmega8535
[2] ATmega16
[3] ATmega32
[4] Minimum system Mikrokontroller ATmega8535/16/32

ada pertanyaan? silahkan....
ada permintaan? monggo......
salam anak pulau aje ye......:-)

Related Article
[1] Mini…

Perbaiki Baterai Lithium Polymer (li-po)

kalo ngetik ni key word seperti diatas tu....bakalan nyasar kesini...
nah......

gak usah banyak basa-basi deh.
malam ini ada masalah besar yang terjadi pada baterai line tracer kesayanganku, sebuah Lithium Polymer di nyatakan rusak oleh chargernya sendiri... begitu tega dia mengkhianati pasangannya... ngaur aja ni....

tu....kasus ini udah buat saya rugi sampe Rp. 180 Rb untuk sebuah harga baterai Lithium Polymer yang memiliki tegangan 7,4 dimana terdapat 2 buah cell baterai didalamnya.

ada beberapa hal yang perlu diperhatikan kalau pakai baterai Li-po ini.

pada baterai
1. baterai akan rusak jika tegangan di tiap cellnya dibawah 3,5 Volt. normalnya 3.7.

2. mengisi ulang baterai hanya bisa dilakukan dengan charger khusus yang telah diatur khusus menjaga tegangan tetap stabil, jika menggunakan charger biasa maka baterai dalam jangka waktu panjang akan menggelembung.

pada charger (yang murahan ni....)
1. tegangan input charger menggunakan 12 DC
2. led merah akan menyala jika power input charger…