--> Skip to main content

Driver Motor DC Relay dilengkapi dengan PWM

PWM yang sering digunakan untuk mengatur kecepatan pada motor DC adalah suatu jalan yang sangat tepat dan mudah dibandingkan dengan menaik atau turunkan tegangan pada motor DC.
dengan hanya mengganti lebar pulsa saja kita dapat mengatur kecepatan motor DC dengan kecepatan yang sangat variatif dan lebih detail serta halus. langsung aja bisa lihat rangkaiannya disini dibawah ini


gak banyak yang bisa dibahas karena pada artikle sebelum dan sebelumnya lagi telah dibahas mengenai driver jenis ini walaupun belum dilengkapi dengan PWM sebagai pengendali kecepatannya.

cukup dengan memutus bagian negative atau grownd pada driver yang langsung menyuply motor dan menggantikannya dengan sejenis transistor yang berfungsi sebagai switching (menghubungkan dan memutuskan grownd), tentunya dengan spesifikasi tertentu yaitu mampu menahan arus beban balik motor dan memiliki kecepatan switching yang sangat cepat untuk mengimbangi frekuensi gelombang PWM yang akan dikirimkan.
jika FET yang digunakan belum kuat menahan arus balik dari motor , maka bisa diganti dengan MOSFET type lain atau dapat mengambil alternatif seperti pada gambar berikut ini.

ini dilakukan karena spesifikasi komponen yang digunakan bukan berkelas A sehingga spesifikasi yang dituliskan tidak sepenuhnya benar.
memang tertulis. yang tertulis pada data sheet adalah untuk type yang berkelas A dengan harga yang sanagat mahal (100x harga biasa), sedangkan yang banyak ditemui di pasaran adalah dengan type yang sama akantetapi berbeda kelasnya dan umumnya dijual dengan harga Rp.7000 s/d Rp.8 ribuan.

Q: kenapa gak menggunakan relay aja? relay kan juga switching....?
A: karena relay tidak memiliki kecepatan swiching yang cepat sehingga jika relay di ON / OFF kan secara cepat maka bisa-bisa terbakar karena ada percikan api. silahkan coba sendiri!!!

kalo gambar kurang jelas bisa download di link berikut ini beserta MOSFET dan optocoupler yang saya sarankan.

download

[1] Optocoupler TLP521
[2] IRF540
[3] Gambar Rangkaian (eagle.sch)

sampai disini dulu ya....!!!
salam anak pulau.....:-)

Related Article
[1] Motor Driver for Line Tracer/Follower Robot
[2] Mengatur Arah Putaran Motor DC (3)
[3] Mengatur Arah Putaran Motor DC (2)
[4] Mengatur Arah Putaran Motor DC (1)
[5] Rem /Break pada Motor DC
[6] Rem untuk Driver H Bridge Motor DC
[7] Driver Motor DC 2
[8] Driver Motor DC 1
[9] Permanent Magnet TENV Motor 1/35HP 2350RPM Armature 12 Volts DC Dayton Electric # 3LCH7
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar