--> Skip to main content

Proses Pipelining Pada Kehidupan Sehari-hari

Pasti timbul pertanyaan apa itu pipelining?
Sebenarnya Proses Pipelining bisa kita temui dalam Kegiatan sehari-hari bahkan mungkin tanpa kita sadari telah melakukan proses tersebut.

singkat saja, bayangkan bahwa istilahpipelining adalah sebuah konveyor yang berputar dimana diatasnya terdapat benda yang berurutan dalam jumlah lebih dari 1 tentunya.

setiap benda tersebut akan bergerak mengikuti konveyor dalam arti konveyor menggerakkan benda yang ada di atasnya menuju sebuah tujuan.
sebelum lebih jauh, perhatikan gambar berikut ini terlebih dahulu



anggap benda yang bera di konveyor tersebut adalah data-data yang akan di eksekusi seperti gambar diatas, maka jika konveyor bergerak kekiri maka data yang paling kiri akan sampai ke ujung. kali ini anggap bahwa jika benda atau data sudah sampai ujung maka data sedang di proses.

dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa satu per satu data akan dikerjakan dan berurutan antara satu dengan yang lainnya.

Contoh Kegiatan Sehari-hari
Contoh yang dapat saya jelas misalnya adalah pada usaha industri rumah tangga seperti Pembuatan Roti.
langkah pertama yang harus dilakukan adlah membuat adonan yang akan di panggang dan kemudian mengemas roti tersebut untuk dijual.

perhatikan gambar berikut ini:


untuk proses diatas melalui langkah sebagai berikut untuk 5 jenis adonan sampai proses pengepakan.
1. adonan di panggang selama 20 menit
2. diangkat dan dikemas dalam waktu 40 menit
3. berulang sampai adonan ke 5 sampai semuanya siap dijual

proses seperti gambar diatas waktu lama sehingga kue baru dapat dijual pukul 9 pagi jika start dimulai pada jam 4 pagi

alangkah baiknya jika kue dapat dijual pada pagi-pagi sekali karena pada saat itu banyak yang sedang mencari sarapan pagi yang simple dan sekedar mengganjal perut.

masalah makanan ntar aja kita bahas lagi sekarang akan saya perlihatkan proses yang cepat yang diistilahkan dengan pipelining. perhatikan gambar berikut ini:



terlihat pada gambar diatas menunjukkan bahwa proses lebih cepat dengan memanfaatkan OVEN yang sedang kosong selagi mengemas kue yang sudah matang. mungkin ini gak perlu dijelaskan karena secara tidak sadar kita juga telah melakukan proses - seperti ini.

mungkin sampai disini dulu ya...........capek ni baru pulang kuliah mau bo2k. bye..........
salam anak pulau :-)

sumber:
http://cse.stanford.edu
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar