--> Skip to main content

Rangkain Pengkondisi sinyal sensor dengan perubahan tegangan (PCB dan Skematics)

 Postingan kali ini sangat sederhana dan mungkin udah banyak yang tau. dengan memanfaatkan penguat atau Op-Amp maka kita dapat melipatgandakan tegangan input yang diberikan dari sensor menjadi berkali lipat dengan maksimum tegangan adalah sebesar input dari IC 741 pada rangkaian berikut ini.
langsung aja skematiknya kira2 seperti ini:


gambar 1 skematics rangkaian pengkondisi sinyal UA 741

dari rangkain diatas bahwa perbandingan antara resistor R1 dan R3 adalah 10:1 maka penguatan yang terjadi adalah 10x penguatan.
berikut ini adlaah tampilan layout PCB dan tata letak komponennya


  
gambar 2 PCB layout pengkondisi sinyal UA 741
Download
  1. Skematics rangkaian pengkondisi sinyal UA 741
  2. PCB rangkaian pengkondisi sinyal UA 741 

rangkaian diatas sebelumnya harus di seting dulu untuk mencari offset nol (0) dalam artian mendapatkan kondisi mula2 nol (0) atau bisa dikatakan tidak memiliki output pada mula2.
setting memang sulit dilakukan dengan memutar potensio atau variable resistor yang ada pada rangkaian secara perlahan-lahan dan mengamati output tegangannya.

untuk memulai setingan maka jumper J1 harus dipindahkan ke ground (GND) dan memulailah memutar potensio atau variable resistor kekiri dan kekanan dengan mengamati output tegangan yang muncul pada multimeter yang kita miliki.

sekian ulasan singkat dari saya semoga bermanfaat.  seperti biasa, semua rangkaian yg muncul di blog ini semuanya sudah diuji terlebihdahulu.

diharapkan testimonialnya bagi yang udah download dan berhasil menggunakannya. jika ada keluhan silahkan bertanya di kolom komen dibawah postingan ini, terimakasih....
salam anak pulau.....:-)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar