--> Skip to main content

Proximity Sensor Using Internal ADC AVR

sensor proximity ini lebih dikenal dengan sebutan sensor garis atau sensor pendeteksi garis karena sensor ini sering digunakan pada line follower robot. sistem kerja sensor ini sangat simple yaitu jika terjadi perubahan intensitas pantulan cahaya terhadap foto dioda maka tegangan yang akan dihasilkan akan berubah sesuai dengan perubahan cahaya yang di tangkap. rangkaian skematik dan penjelasan lain silahkan klik disini. Print Circuit Board (PCB) berikut ini dibuat dengan jarak tiap sensornya adalah 2cm.

layout PCB


rangkaian sensor seperti ini bisa langsung di hubungkan dengan microcontroller AVR seperti pada ATmega8535 yaitu pada PORT A dan di setting sebagai ADC.
perhatikan tata letak komponen berikut ini yang mana sensor memiliki output berupa perubahan tegangan (analog).

tata letak/foot print


komponen
1. foto dioda 3mm
2. LED super bright 5mm
3. resistor 1 Kohm untuk LED
4. resistor 22 Kohm untuk foto dioda
5. jumper he he he he...

download
[1]PCB proxymity sensor
[2]contoh program menggunakan ATmega8535 (ADC sensor proximity)

sensor ini mengeluarkan keluaran berupa perubahan tegangan sehingga untuk mendapatkan kondisi garis putih atau hitam pada Line follower robot dapat dilakukan dengan menggunakan komparator atau perbandingan pada program menggunakan ADC yang membandingkan output sensor saat garis putih dan saat garis hitam.

program yang saya sertakan di link download diatas adalah menggunakan ADC. dengan memanfaatkan internal ADC ada mikrokontroller AVR seperti ATmega8535, ATmega16, ATmega32 yang memiliki 8 chanel ADC internal maka ke delapan rangkaian sensor diatas dapat dengan mudah di program serta menghemat pemakaian komponen seperti pada penggunaan sensor menggunakan komparator.

jika bagi menurut teman-teman terdapat kesulitan pada penggunaan sensor garis atau proximity ini dengan menggunakan ADC silahkan komen aja. sistem kerja program akan di bahas pada postingan berikutnya dan juga sensor yang menggunakan komparator juga akan dibahas pada blog ini. just wait, keep waiting and keep moving forward.

salam anak pulau.....:-)

Related Article
[0] Langkah Pembuatan program ADC Sensor
[1] Minimum System Mikrokontroller ATmega16
[2] Sensor Proximity Sensor Garis
[3] Line Follower (lifo1)
[4] Line Follower (lifo2)
[5] Line Follower (lifo3)
[6] Line Follower (lifo4)
[7] Line Follower (lifo5)
[8] Install Essentials 905311 Clifford Dual Zone Proximity Sensor with Harness for G4 G5
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar