--> Skip to main content

Smooting Servo Motor Controller (menggerakkan servo secara smoot)

Pada tutorial kali ini akan saya jelaskan bagaimana caranya menggerakkan motor servo secara halus (smoot). ini biasanya digunakan untuk aplikasi - aplikasi tertentu tergantung kebutuhan.
pada postingan sebelumnya telah dibahas cara beserta program mengendalikan motor servo akantetapi tidak secara smooting artinya motor selalu bergerak konstan dalam kecepatan penuh menuju posisi yang di perintahkan dan mempertahankannya. nah.....kali ini saya menggunakan sedikit modifikasi program yaitu pada bagian sepeti pada potongan program berikut ini.

gambar diatas adalah cara membuat motor bergerak lebih smoot (halus). untuk pengaturan konfigurasi pada Code Vision AVR menggunakan ATtiny2313 adalah sama seperti pada artikle sebelumnya yaitu seperti gambar berikut ini.
Prinsipnya
  1. Memberikan delay atau waktu tunda pada selah penambahan angka yang di berikan ke motor servo. semakain besar delay yang diberikan akan semakin lamban pergerakannnya berlaku sebaliknya. 
  2. Pengulangan FOR pada program adalah dihitung sesuai kebutuhan misalkan dari posisi angka100 ingin menjadikan ke posisi angka 80 maka pengulangannya adalah sebanyak 20x. 

Download
  1. Listing Program Smooting Servo Motor Controller ATtiny2313
  2. Datasheet ATtiny2313

cukup mudah kan? silahkan si sedot aja ya.......gw ikhlash kok wkwkwkwkwkwk
salam anak pulau.....:-)  

Related Post
  1. Pemrograman-banyak-motor-servo menggunakan interrupt timer ATtiny2313
  2. Pemrograman-satu-motor-servo menggunakan interrupt timer ATtiny2313
  3. Rangkain servo motor controller ATmega8
  4. Menghitung Timer interrupt pada pemrogramna motor servo
  5. http://www.digitdude.com/2010/08/motor-servo-mg90-tower-pro-menggunakan.html
  6. Blue Arrow 4.3 Gram Micro Servo For Futaba, Hitec, JR, GWS Receivers
  7. 322HD Standard Servo
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar