INFO TERBARU - www.indorobo.com

Jangan lupa TESTIMONI nya di link

CERITA SUKSES PENGUNJUNG

bagi yang sudah berhasil

CARI ARTIKEL DI KOLOM INI

Langkah Pembuatan Program ADC Sensor Proximity

Written By inzar salfikar on Sunday, February 14, 2010 | Sunday, February 14, 2010

ini mungkin bisa memperjelas postingan sebelumnya
langsung mulai aja.

1. tentukan varible yang akan digunakan dalam bentuk array agak memiliki nama yang sama sengan angka berbeda sehingga mudah diingat. gunakan variable seperti

a. untuk menyimpan data garis (misal: garis[8])
b. untuk menyimpan data backgrown (misal: back[8])
c. untuk menyimpan data pembanding hasil dari perhitungan garis dan background (misal: banding[8])
d. untuk menyimpan data biner 1 bit tiap sensor (misal: sen[8])
e. untuk menyimpan data total konversi dari biner ke desimal (misal: sensor), variable ini bukan array karena ini akan digunakan sebagai sensor nantinya.

perhatikan gambar berikut ini untuk bantuan tuntunan penjelasan berikutnya.



2. buatlah variable seperti diatas sebagai eeprom pada mikrokontroller AVR sehingga data yang didapat tidak akan mudah terhapus saat kita melakukan resetting pada hardware kecuali melakukan pemrograman ulang walaupun sebenarnya pada pemrograman ulang juga bisa dilakukan tanpa menghapus eeprom yang sudah kita isi. saya menggunakan AVR dude agar bisa melakukan hal-hal seperti itu. baiklah...kembali ke pokok bahasan......

3. lakukan pengambilan data berurutan terhadap sensor dengan meletakkan sensor pada garis terlebih dahulu.

4. lakukan pengambilan data berurutan pula untuk mengambil data background.

5. kemudian buat kalkulasi dengan rumus sebagai berikut dan sipan pada variable yang telah disediakan tadi.

hasil=(data garis ke 1-8 + data background ke 1-8)/2

dari rumus diatas kita akan mendapatkan nilai tengah untuk tiap-tiap sensor yang akan kita simpan pada variable array juga seperti contoh variable diatas yaitu banding.

6. setelah mendapatkan bagian tengah, buatlah perbandingan saat robot dijalankan yaitu membaca data ADC dan membandingkan tiap sensor terhadap variable banding dengan nomor masing-masing (urutan array masing-masing mulai dari banding[1] s/d banding[8])

7. dari perbandingan diatas pasti akan didapati pernyataan seperti lebih besar dan lebih kecil. lakukan penentuan nilai untuk jika lebih besar dan jika lebih kecil dari nilai banding dengan menggunakan perintah pemilihan keputsan yang kamu sukai seperti switch case atau if atau sebagainya.

8. tentukan nilai sensor yang lebih besar dari nilai tengah (banding) yang didapat menjadi nilai "1" dan yang lebih kecil akan dianggap nol "0". simpanlah pada variable yang sudah dibuat tadi dalam bentuk array juga seperti pada contoh diatas (sen[1] s/d sen[8])

9. setelah didapati nilai biner tersebut maka untuk menggabungkannya dibutuhkan penjumlahan variable. akan tetapi disini mewakili tiap bit sensor sehingga pengali yang digunakan adalah seperti pada konversi biner ke desimal. hasilnya akan disimpan pada 1 variable saja seperti yang sudah dibuat yaitu "sensor".

10. sensor sekarang sudah siap digunakan nah....sekarang tinggal melakukan pengambilan keputusan untuk kondisi sensor seperti contoh program di link download pada artikle yang sudah saya berikan sebelumnya menggunakan switch case.

sekian sampai disini dulu....
salam anak pulau.....:-)
Related Article
[1] Proxmity Sensor Using Internal ADC Avr
[2] Rangkain Sensor Proximity Sensor Garis
[3] Minimum System Microcontroller ATmega16
[4] Make Your Own Printed Circuit Boards
[5] Line Tracer Robot Line Follower Robot
[6] Rangkaian LCD 16x2 Mikrokontroller Avr
[7] Omron E2KX15ME2 Capacitive,15mm,npn-nc Proximity Sensor

6 comments:

Anonymous said...

makasih mas dah kasih tambah ilmu,,,,
jadi tambah pinter dah,,,

Inzar Salfikar said...

oke2....btw you kalo login pake akun dong biar sekalian tau n kenal....ato jadi follower aja sekalian he he he he....

Anonymous said...

hehehe.. ga punya blog mas,,, ga da fasilitas gitu,,, mas saya butuh bantuan Photo transistor tu kakinya 2 pa 3,, aku beli ko di kasih yang berkaki 3 nah tu gmana, mahal pula harganya 7000 rupiah,,

oh ya programnya kurang dong nih,,, kalo cuma program untuk adc nya tok tanpa lcd gmana,,, saya sedikit binggung sama devinisi yang mas buat,,, masih pemula nih ma bahasa C,,,
oh ya ko pake scan garis to mas,, emang kalo pake ADC musti scan garis dulu yah,,,

Anonymous said...

mas aku cari di google ada yang ga pake komparator IC tapi pakek transistor untuk tiap sensor,, katanya bisa langsung bisa di olah ga perlu ADC tu gmana mas bener ga,,, aku lum coba e,, mungkin mas izhar pernah tau,,

Inzar Salfikar said...

program untuk ADC nya aja tinggal ngapus intruksi yang di pake buat LCD kan? trus ini sialisasinya juga dihapus sekalian kalo mau.

bisa juga langsung pake transistor tp ada kekurangannya. yaitu gak bisa di tuning. tp kalo mau di tambahain tuning untuk sensornya juga bisa. kalo memang mau pake yang gitu...mending liat datasheet transistor yang input basisnya sesuai dengan tegangan yang dikeluarkan dari sensor. ngitung- ngitung bro.....capedeh......!!!

Syayid Al Afghoni said...

terima kasih gan , ilmunya berguna sekali...

Jangan lupa TESTIMONI nya di link

CERITA SUKSES PENGUNJUNG

bagi yang sudah berhasil

Post a Comment