--> Skip to main content

Make your own Printed Circuit Boards (PCB's)

cara membuat PCB sendiri
postingan kali ni tampak sedikit aneh....judulnya doang yang english tapi isinya Indonesia...MERDEKA.....!!!!
gak penting ah.....
angsunglangkah2 aja ya?
pada tau PCB kan? sebuah papan jalur atau sirkuit untuk komponen elektronika.

langkah-langkah pengerjaan
1. buat design dengan menggunakan software yang diinginkan seperti Eagle dan lain sebagainya.

2. setelah selesai, Print layout design tersebut pada kertas Glosy paper (kertas foto) yang tipis dengan menggunakan Printer Laser Jet (yang tintanya pake serbuk tau kan?).

3. potong terlebih dahulu PCB yang akan dibuat sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

4. potong kertas hasil print seukuran dengan PCB, usahakan jangan melebihi PCB karena untuk menghindari kertas tertekuk saat pencetakan.

5. amplas terlebih dahulu PCB yang telah dipotong tadi. cuci dengan air dan di lap sampai kering.

6. nyalakan strika dan atur suhu sampai yang paling panas kemudian hadapkan permukaan plat PCB dengan permukaan kertas yang bergambar rangkaian lalu tindih dengan strika yang panas sehingga kertas melekat pada PCB.

7. sedikit digosok pada bagian pinggir dan agak di tekan. pastikan semua bagian terkena strika, lakukan sekitar 2 menit saja.

8. setelah semua terkena, masukkan segera PCB yang dalam kondisi panas tadi kedalam air (direndam) dan diamkan selama 1 menit saja.

9. setelah 1 menit, kupas secara aperlahan dari pinggir dan bersihkan kertas yang masih tersisa tersebut dengan jempol tangan sampai selah-selahnya bersih semua karena jika tidak bersih maka bagian tersebut tidak ajan terlarut. saya biasanya menyikat bagian PCB yang sudah jadi ini. gak bakal lepas deh pokoknya......!!!! kuat banget tu...


10. berikutnya keringkan dan pastikan tidak ada kertas yang masih menempel pada PCB. jika masih ada lakukan penyikatan lagi he he he (mau masah atau nyuci pakaian ni?)

11. setelah semua langkah diatas berjalan lancar, langsung masukkan kedalam pelarut PCB (FeCl3) tau yang sering disebut dengan ferrit.

12. larutkan samapai selesai dan cuci dengan air. berikut ini adalah hasil yang sudah selesai

PCB yang saya kerjakan diasat adalah PCB untuk ATmega128 yang kakinya sangat kecil-kecil. dengan kata lain, cara membuat PCB dengan menggunakan kertas glosy paper ini lebih rapi dan detil sampai ukuran yang sangat kecil sekalipun.

saran:
1. jangan membersihkan tinta PCB yang sudah jadi jika PCB itu tidak digunakan pada hari yang sama karena PCB jika disimpan lama akan sulit saat penyolderan (pasti udah pada tau kan..?)

2. saat menyetrika jangan samapai bergeser sedikitpun nah...agar tidak bergeser, tekan terlebihdahulu samapai lengket seperti langkah diatas kemuadian kamu bebas menggosok bagian yang kamu inginkan dengan mudah karena kertas sudah melekat erat.

sampe disini dulu ya? panjang banget ni tutorial....pegel ngetiknya mana ngetiknya 11 jari ni....
terimaksih....semoga bermanfaat.....
salam anak SABANG.....(anak pulau...:-))

Related Article
[1] Membuat Library sendiri di Eagle (symbol)
[2] Membuat Library sendiri di Eagle (package)
[3] Membuat Library sendiri di Eagle (device)
[4] Complete PCB Design Using OrCad Capture and Layout
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar