--> Skip to main content

Rotating LED (project kuliah)

ayo kita buat LCD dari led yang erus bergerak dengan cepat hingga membentuk suatu tulisan. berikut ini adalah salah satu contoh project yang saya kerjakan di perkuliahan.

dengan menggunakan LED yang terus di gerakkan dapat menghasilkan tulisan dengan cara mengedip-ngedipkan LED sesuai waktu yang kita inginkan. disini saya menggunakan teori sebagai berikut:

menggambar di kertas untuk menentukan kedipan led menjadi sebuah huruf dengan dimensi LED.
misalnya kita memiliki LED 5 buah tersusun sehingga akan menjadi seperti ini:


untuk menghasilkan karakter tersebut saya gunakan t=1ms tiap kolom.
disini LED dikedipkan dengan t=1ms tadi dan kemudin pada saat pergerakan balik LED dimatikan semua sehingga tidak terjadi penggandaan tampilan. unutk mengatur ini tentunya kita arus mengetahui kecepatan putaran motor yang kita gunakan yang nantinya akan dikombinasikan dengan program realtime pada mikrokontroller yang sering disebut dengan RTOS.

tp bagi pemula tenang saja....krn hal ini bisa diatasi dengan mudah dan dengan pemrgrman biasa. contohnya kita bisa menggantikannya dengan sebuah sensor foto dioda yang natinya tiap kali tuas yang berputar melewatinya maka program dijalankan. sehingga program akan bekerja jika sensor terkena. ini akan membuat tulisan lebih statis alias gak bergerak2 dan tidak terjadi penggandaan dan juga idak menyebabkan huruf terbalik.

ni ada videonya juga.


note: sensor sebaiknya diletakkan pada port interupt mikrokontroller.
untuk rangkaian sensornya silahkan klik disini

Related Article
[1] Rangkaian Rotating LED Tanpa Sensor
[2] Rangkaian Rotating LED with Sensor
[3] PCB rotating LED
[4] Rotating LED konsep
[5] Membuat Rotating LED
[6] sensor Proximity
[7] Rotating-led-completed-project
[8] Rotating led with sensor program+video
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar