--> Skip to main content

Sensor Level Air Menggunakan Plat

Berikutnya.......
membuat sensor ini sangat mudah karena kita hanya meletakkan plat besi yang yang mampu menghantarkan arus listrik dengan jarak yang berbeda-beda sehingga pada saat air mengenai plat , maka akan menghubungkan suatu aliran tgangan sehingga suatu alat akan aktif unutk melakukan tindakan. disini saya tidak membahas alatnya tp hanya sensornya saja.

secara umum ini dapat di kelompokkan dengan saklar karena sifatnya hanyalah memutus arus jika tidak terkena air dan menyembungkan arus jika terkena air.
perhatikan gambar berikut ini:

biasanya tegangan yang digunakan adalah tegangan berkisar antara 12 VDC dan kemudian di hubungkan pada sistem relay untuk dapat digunakan pada keperluan tegangan yang lebih besar.
pada gambar terlihat bahwa pada saat kedua sensor terkena maka posisi air berada pada tengah(setengah), pada saat terkena ketiganya, maka air sudah penuh, dan pada saat satu saja paling bawah terkena maka air berada pada bagian bawah (sedikit). mungkin ini penjelasan singkatnya. kita bisa gunakan IC digital seperti gerbang AND dan OR dan sebagai nya unutk mengkonsidikan han tersebut diatas.

mungkin hanya ini ytang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat. jenis sensor seperti ini telah digunakan pada Tugas Akhir sahabat saya pada tahun 2007.
sekian dan terimakasih, salam anak pulau.................:-)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar