--> Skip to main content

Alat Pemberi Makan Ikan Automatis

Alat ini adalah sebuah ide saya yang timbul saat liburan tepatnya pada saat saya mau meninggalkan rumah dalam waktu beberapa minggu.
Saya memelihara ikan hias yang harus rutin diberi makanan setiap harinya. Saya berfikir bagaimana caranya ikan yang saya pelihara terus mendapatkan suplay makanan tanpa kehadiran seorangpun dirumah? Jawabannya adalah alat yang mampu memberi makan ikan tersebut tapi bukan ROBOT he he he 

Ini ciptaan pertama saya yang memperoleh Juara I LTTG (Lomba Teknologi Tepat Guna) di ACEH tahun 2004 (masih SMA).

langsung aja bagi yang mau mempraktekkannya

Alat dan bahan

- 2 buah Pipa Paralon atau sejeninya 30 cm (pipa saluran air yang berwarna biru)
- 1 buah Pipa paralon yang lebih besar sedikit
- 1 buah dinamo getar pada joystick PS (boleh pakai dinamo TAMIYA
- Plat almunium tipis (bisa comot kaleng bekas) secukupnya
- Botol bekas (tempat penyimpanan pakan ikan)
- Baut dan Mur yang berukran kecil (gak kecil2 amat) secukupnya
- Papan kayu 15 x 30 cm (sebagai tempat berdirinya alat)
- Papan tipi / triplek sebagai penyangga 15 x 15 cm


- Jam beker
- Gergaji kecil
- Pensil
- Obeng
- Tang
- Bor (boleh pakai besi yang dipanaskan atau sejenisnya yang mampu melubangi)
- Pisau bila perlu

Langkah pembuatan

1. Membuat tiang penyangga, Siapkan bahan dan alat seperti yang tertulis diatas, diutamakan pada pipa besar haus bisa dimasuki pipa kecil sehingga ketinggian alat tersebut bisa diubah sesuai keinginan. (gambar tiang penangga alat dari 1 buah pipa kecil dan 1 buah pipa besar)


2. Membuat pondasi penyangga, menggunakan triplek persegi 15 x 15 cm yang dibagi menjadi 2 (lihat gambar) dan papan besar sebagai pondasi. (gambar pondasi alat)


3. membuat saluran makanannya, terbuat dari pipa satunya lagi yang kecil dan dipotong setengah lingkaran (lihat gambar)


4. membuat pengikat, pengikat ini ada 2 bagian yaitu sebagai pengikat dynamo dan pengikat pipa saluran ke pipa tiang, menggunakan almunium kaleng dan baut kecil (lihat gambar berikut ini)


5. membuat pembatas yang berfungsi menahan makanan ikan agar tidak tumpah yang nantinya akan diberi getaran sehingga pakan ikan tergoncang dan terlepas sedikit demi sedikit. (terbuat dari plat almunium juga).


6. merakit seluruh bagian alat, alat akan terlihat seperti mikroskop. (gambar lengkap)


7. pengkabelan, sangat mudah, bongkar jam beker dan perhatikan ada plat yang akan terhubung pada saat jam berbunyi maka sambungkanlah salah satu kabel dari dynamo ke plat tersebut dan plat satu lagi langsing menuju baterai. Buang buzzer alarmnya agar tidak terjadi bunyi. (satu buah jam mewakili 1 waktu). Jika ikan membutuhkan makanan 3 x sehari maka kita harus memiliki 3 jam beker he he he (gambar pengkabelan).


Selamat mencoba

Tips

Bagi kamu2 yang udah jago di bidang elektronika, pastinya bisa merakit pewaktu dengan menggunakan IC 555 atau bagi master2 mikrokontroler bisa dengan mudah mengatasi hal ini yakan?

Pengebangannya
- Rangkaian pewaktu (timer)
- Rangkain relay
- Program mikrokontroler

By. Inzar Salfikar

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar